Quote:

Keamanan Windows XP Seperti 'Bom Waktu'


CALIFORNIA - Microsoft berulang kali mengingatkan pengguna Windows XP untuk segera beralih ke sistem operasi (OS) Windows yang lebih baru sebelum 8 April 2014. Peringatan serupa juga disampaikan pakar keamanan, karena setelah masa pensiun Windows XP pada tahun depan, OS tersebut tidak akan mendapatkan pembaruan patch dan keamanan.
Pakar keamanan, Graham Cluley, memperingatkan pengguna Windows XP yang masih belum berencana beralih. Menurutnya, pengguna Windows XP seperti sedang duduk di atas 'bom waktu' yang akan 'meledak' pada tahun depan karena Microsoft menghentikan dukungan untuk OS tersebut.
Setelah 8 April 2014, pengguna Windows XP akan menghadapi ancaman dari penjahat cyber yang sedang menunggu waktu untuk mulai memanfaatkan komputer yang rentan saat terhubung ke internet.
"Percepatlah rencana Anda beralih dari Windows XP ke OS yang lebih baru secepat mungkin. Setelah April 2014, Microsoft tidak akan mengeluarkan perbaikan keamanan untuk platform tersebut, jadi Anda berpotensi duduk di 'bom waktu'," tutur Cluley, seperti dilansir Softpedia, Senin (2/12/2013).
Ia juga memberikan jalan keluar dari ancaman kerentanan zero-day. Menurutnya, pengguna harus meng-install versi terbaru Adobe Reader, mengingat versi sebelumnya dari aplikasi ini bisa berfungsi sebagai dasar serangan berbasis PDF. Microsoft juga telah mengingatkan pengguna Windows XP tentang ancaman kerentanan zero-day.
Saat ini sekira 30 persen komputer di dunia masih menggunakan Windows XP. Microsoft berharap, pengguna Windows XP hanya akan tersisa 13 persen setelah 8 April 2014 dan perusahaan juga telah meluncurkan sejumlah kampanye bersama dengan mitra-mitranya untuk mendorong migrasi ke OS yang lebih baru.

0 komentar:

Posting Komentar